Jenis Jenis Umpan Terbaik Untuk Mancing Di Sungai

Pojokshare.com- Mancing merupakan suatu kegiatan yang mengasyikan. Selain sebagai hobi untuk mengisi waktu luang,  tak jarang kegiatan memancing di manfaatkan banyak orang sebagai ajang rekreasi dan pengusir stres. Karena merupakan hobi yang mengasyikan, tak heran jumlah penggemar hobi memancing semakin hari semakin bertambah dan hal ini berbanding lurus dengan menjamurnya kehadiran kolam-kolam pemancingan berbayar yang ada di kota-kota di indonesia.
Meskipun kini telah menjamur kehadiran kolam-kolam pemancingan, namun memancing di alam bebas seperti sungai tetaplah menjadi primadona. Memancing di alam bebas memiliki tantangan dan kepuasan tersendiri yang mungkin tidak akan di temui ketika memancing di kolam pemancingan.

Agar proses memancing di sungai membuahkan hasil dan menuai point positif maka perlu persiapan yang matang sebelum memancing dan salah satu persiapan tersebut adalah pemilihan umpan apa yang akan di gunakan. Umpan adalah faktor utama yang menentukan keberhasilan seorang pemancing di sungai. Umpan yang baik menentukan banyaknya ikan yang mampu di dapat pemancing. Berikut jenis-jenis umpan memancing di sungai terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk memancing :
  1. Usus ayam, ini merupakan jenis umpan yang di gemari berbagai jenis ikan sungai antara lain Ikan patin, ikan baung dan ikan mujair. Usus ayam bisa anda dapat secara gratis di tempat-tempat penjualan ayam potong atau membelinya langsung kepada penjual ayam.
  2. Cacing tanah, Tak dipungkiri jenis umpan yang satu ini merupakan umpan yang di sukai banyak ikan dan biasa di gunakan oleh pemancing mania dimanapun berada. Cacing tanah bisa di dapat dengan cara mencangkul tanah sekitaran pohon pisang, karena memang tempat ini merupakan tempat kesukaan cacing tanah. Namun bila enggan untuk mencari sendiri anda dapat membeli cacing tanah di toko-toko pancing yang menyediakan penjualan umpan pancing hidup.
  3. Cacing sampah, cacing ini hampir mirip dengan cacing tanah namun memiliki warna yang lebih merah dan tidak pucat. Struktur tubuh cacing sampah lebih lunak atau lembek di banding cacing tanah biasa. Cacing sampah biasanya lebih banyak digunakan sebagai umpan memancing udang satang atau udang galah. Sesuai namanya, cacing ini dapat di jumpai di tumpukan-tumpukan sampah dan biasanya jenis sampah yang lembab dan basah adalah tempat favorit cacing sampah.
  4. Cacing nipah, cacing jenis ini mampu tumbuh hingga mencapai panjang 1-2 meter. Harga 1 cacing nipah tergolong mahal yaitu kisaran Rp 15.000- Rp 30.000 tergantung panjangnya cacing. Cacing nipah biasa di temukan di tumpukan pohon dan pelepah nipah yang telah tumbang. Karena harganya yang tinggi membuat sebagian orang mencoba membudidayakan cacing jenis ini.
  5. Jangkrik, jangkrik yang biasa di gunakan adalah jenis jangkrik makanan burung. Jangkrik ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar sehingga mudah untuk di pasangkan pada mata pancing. Anda dapat membeli jangkrik jenis ini di toko-toko burung. Dengan Rp 15.000 sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan umpan pancing anda.
  6. Ulat pisang, ulat pisang merupakan ulat yang hidup di daun pisang dan merupakan bakal calon kupu-kupu. Ulat ini memiliki permukaan tubuh berwarna putih.
  7. Ikan kecil, memancing ikan dengan ikan merupakan salah satu alternatif umpan yang dapat anda pilih untuk memancing ikan. Ikan yang di gunakan sebagai umpan adalah ikan -ikan ukuran kecil dan sedang. Ikan yang di pasangkan mata pancing akan terluka dan lemah, ikan dalam kondisi terluka dan lemah biasanya mampu membuat ikan besar tertarik untuk melahapnya.
  8. Umpan mainan, jenis umpan ini dapat anda coba sebagai peruntungan memancing di sungai. Namun tingkat kesuksesannya tentu tidak bisa di sejajarkan dengan jenis umpan alami. Umpan alami tetaplah menjadi pilihan terbaik untuk memancing di sungai. Bila anda tetap ingin mencoba menggunakan umpan mainan maka dapat membelinya di toko-toko pancing dengan harga  Rp 8.000 hingga puluhan ribu tergantung dari besar dan kualitas umpan pancing.
Jenis Jenis Umpan Terbaik Untuk Mancing Di Sungai Jenis Jenis Umpan Terbaik Untuk Mancing Di Sungai Reviewed by Dien Roswandi on 11:12 PM Rating: 5

No comments: